Mengembalikan Root Pada Android (UNROOT)

Mengembalikan Root Pada Android - Jika anda telah melakukan root pada ponsel Android Anda, mungkin setelah itu anda berfikir untuk mengembalikannya secara normal seperti kondisi sebelumnya (unroot). Biasanya orang melakukan hal ini dengan berbagai alasan. Beberapa alasan dari mereka adalah ingin menjual kembali ponsel mereka, sehingga setelah di unroot nilai jual akan tetap tinggi. Selain itu, alasan yang lainnya yang memaksa orang melakukan hal ini adalah, mereka ingin men-download Update resmi OTA terbaru, sehingga mau tak mau harus mengembalikan ke setelan pabrik (unroot).

Baca Juga : Cara Root Android Tanpa Menggunakan PC


Jika anda ingin mengakses root remote pada Android anda, ada beberapa metode/opsi yang bisa dilakukan, diantaranya adalah:

OPSI PERTAMA: MENGGUNAKAN SATU KLIK ROOT

Jika Anda adalah pengguna One Click Root, maka UnRooting perangkat anda akan sangat mudah dilakukan. Cukup hubungkan perangkat Android anda ke komputer (PC, jalankan perangkat lunak, dan klik tombol 'Unroot'. Perangkat anda akan Unroot dan kembali ke setelan pabrik saya jamin. Ini adalah cara tercepat, termudah, dan paling aman untuk menghapus akses root dari perangkat Android anda.

OPSI KEDUA: MENGGUNAKAN SUPERSU

Download dan instal aplikasi SuperSU secara gratis dari Google Play Store (sebagian besar pengguna root memiliki aplikasi ini dan di install pada perangkat mereka).

Mengembalikan Root Pada Android
Mengembalikan Root Pada Android

Buka SuperSU dan klik Pengaturan di sudut kanan atas jendela, lalu klik Full Unroot. Konfirmasikan pilihan Anda dengan menekan Continue.

Silahkan tunggu beberapa menit, bisanya hal ini membutuhkan 2 atau sekitar 3 menut untuk proses unroot perangkat anda dengan aplikasi SuperSU. Setelah proses selesai, restart perangkat Android anda. Anda mungkin akan ingin menghapus SuperSU setelah Anda reboot karena aplikasi ini sangat berguna tanpa akses root.

PERIKSA PERANGKAT ANDA BERHASIL DI UNROOT

Jika Anda telah melakukan root pada android anda, maka anda mungkin telah menginstal aplikasi root checker untuk memastikan telepon sudah di root apa belum. Untuk memastikan ponsel an kembali normal (Unrooted), anda perlu menginstal aplikasi yang sama dan menjalankannya.


Jalankan aplikasi yang sudah didownload tadi dan, jika perangkat anda tidak memiliki akses root, maka aplikasi akan memberitahu anda.

Bagai mana mudah kan??? Seperti yang anda lihat, menghapus hak akses root dari Android jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara melakukan root. Semoga tutorial ini bermanfaat..