Cara Membuka Situs yang diblokir Telkom, Nawala , Telkomsel dan ISP Lainnya

Add caption
Tidak sedikit pengguna internet di Indonesia memiliki masalah di mana sebuah situs web yang ingin dikunjungi telah diblokir oleh perangkat lunak atau oleh ISP (Internet Service Provider) yang telah kita gunakan. Dengan begitu, pasti timbul pertanyaan di benak kita bagaimana kita bisa mengakses situs yang telah diblokir? Jawaban untuk masalah ini sebenarnya sangat sederhana: Web Proxy. Sebelum membahas lebih mendalam mengenai hal ini, mari kita bahas sedikit tentang web proxy.

Sebuah web proxy bekerja sebagai sumber perantara antara pengguna dan server situs yang akan kita kunjungi. Pengguna akan mengirim permintaan untuk web proxy yang menyampaikan mereka ke server situs. Jawaban yang diterima oleh situs web proxy ini kemudian diteruskan ke komputer pengguna. Hal ini memberikan kesan kepada ISP dan memblokir software bahwa pengguna mengunjungi situs web proxy tetapi dalam kenyataannya, ia mengunjungi situs yang diblokir. Dengan demikian, proxy server juga menyediakan keamanan ekstra untuk pengguna dengan menyembunyikan aktivitas online mereka dari ISP mereka.

Tidak sedikit ISP di Indonesia yang telah memblokir akses ke situs yang berbau porno dan juga situs judi. Sebuah web proxy dapat digunakan untuk dengan mudah mengakses situs yang telah diblokir oleh layanan ISP. Web proxy juga bisa digunakan untuk menyembunyikan lokasi pengguna, mereka juga dapat digunakan untuk mengakses situs populer yang telah dibatasi untuk negara-negara tertentu dan pengguna yang di blok dari negara lain untuk mengunjungi mereka.

Jenis Proxy

Ada dua jenis proxy. Pertama, ada web proxy yang memiliki antarmuka interaktif, dan kedua, proxy server yang bekerja atas dasar Alamat IP dan nomor port. Proxy juga dapat dipisahkan atas dasar anonimitas menjadi Anonymous, Transparan dan High Anonymous tergantung pada jumlah privasi yang mereka berikan.

Cara memcari web proxy dan proxy server

Sebuah pencarian Google yang sederhana yang mengandung kata "proxy website" akan memberikan atas itu semua. Namun, kebanyakan dari mereka cenderung mendaftar server proxy yang dapat dengan mudah anda setup menggunakan IP Address dan Nomor Port. Jadi, dalam rangka untuk menemukan situs web proxy yang interaktif, Anda harus mencari sesuatu seperti "Free proxy". Dengan cara seperti ini besar kemungkinan untuk mendapatkan web proxy interaktif dimana anda dapat mengakses situs yang diblokir hanya dengan memasukkan URL pada kolom URL. Jika Anda ingin tambahan keamanan dan anonimitas, Anda dapat menggunakan server proxy yang berbayar.

Jika anda malas utuk mencari web proxy, tenang saja!! Disini saya ada beberapa list situs yang bisa anda gunakan untuk membuka blokir dari ISP yang anda gunakan: -

  1. http://www.hidemyass.com
  2. http://www.spysurfing.com/
  3. http://proxify.us/p/

Jika Anda ingin mengunjungi situs yang telah diblokir menggunakan web proxy, Anda tidak perlu melakukan konfigurasi apapun. Namun, jika anda ingin menggunakan proxy server yang hanya dapat diakses dengan menggunakan alamat IP dan nomor port, anda harus mengkonfigurasi web browser anda untuk menggunakannya. Anda bisa mendapatkan list proxy tersebut dengan mengunjungi alamat http://spys.ru/free-proxy-list/id/.
Free Proxy Indonesia
Setelah menemukan proxy yang memiliki kriteria yang bagus, langkah selanjutnya adalah mengikuti petunjuk yang akan saya tuliskan di bawah ini untuk setup di web browser milik kalian.


Setup Untuk Pengguna Google Chrome dan Internet Explorer
Google Chrome menggunakan pengaturan jaringan yang sama dengan Internet Explorer. Jadi, untuk mengkonfigurasi Google Chrome untuk menggunakan server proxy, anda harus mengkonfigurasi Internet Explorer. Anda dapat mengkonfigurasi server proxy di Internet Explorer dengan mengikuti petunjuk di bawah ini: - 

  1. Bukalah Internet Explorer.
  2. Klik Tools, Internet Options.
  3. Klik pada Tab Connections, pilih Network Connection Anda dan klik Settings.
  4. Di kolom Address, tambahkan IP Address server proxy yang telah anda dapatkan. Dan di bidang Port silahkan masukkan Nomor Port.
  5. Klik OK dan OK lagi.

Setup Untuk Pengguna Mozilla Firefox

Pengguna Mozilla Firefox dapat mengkonfigurasi browser mereka untuk menggunakan proxy dengan mengikuti petunjuk di bawah ini: - 

  1. Silahkan buka browser Mozilla Firefox anda.
  2. Klik Tools, Options.
  3. Klik Advanced Tab.
  4. Klik tab Jaringan.
  5. Klik Settings.
  6. Masukkan IP Address dan Nomor Port pada tempat yang telah disediakan. 
Setelah Anda berhasil mengkonfigurasi web browser anda untuk menggunakan proxy server, Anda akan dapat mengakses situs yang telah diblokir setiap kali Anda browsing di internet dengan browser Anda.