Cara Membuat Website Secara Mudah

Jika Anda ingin belajar bagaimana membuat sebuah website dari awal ada dua pertimbangan utama sebelum memulai.
  1. Apakah Anda akan membuat website pribadi untuk bersenang-senang dan hanya ingin berbagi ide dengan dunia?
  2. Apakah Anda membuat sebuah website untuk tujuan bisnis atau keuangan?
Jika Anda benar-benar membuat sebuah website untuk penggunaan pribadi, yang perlu anda lakukan hanyalah mendaftar dengan salah satu layanan gratis seperti Weebly, Wix atau Blogger.com.Dan apabila anda membuat itu untuk tujuan bisnis, maka saya akan sangat merekomendasikan untuk menggunakan pilihan yang lebih disesuaikan seperti website yang menggunakan CMS Wordpress. Akan tetapi anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 20.000 sampai dengan Rp 50.000 perbulan untuk hosting yang akan memberikan anda lebih banyak pilihan dan fleksibilitas yang diperlukan, selain itu anda juga bisa mengoptimalkan dengan kata kunci yang ditargetkan yang akan membawa lalu lintas yang yang baik untuk menghasilkan pendapatan lewat internet. Wordpress sangat mudah digunakan dan anda tidak perlu membutuhkan keahlian pemrograman untuk membuat website dengan CMS ini.

Website Gratis

Sebagaimana seperti yang telah saya sebutkan di atas, ada banyak tempat untuk dapat membuat website gratis seperti Tumblr, Weebly dan Blogger.com. Jika Anda ingin menggunakan layanan tersebut, saya akan merekomendasikan anda untuk langsung mengunjungi situs mereka dan memilih salah satu yang memiliki nuansa dan platform terbaik.

Blogger.com adalah layanan blog gratis yang dimiliki oleh Google, search engine paling dominan sejauh ini, dan satu pemikiran yang tepat adalah bahwa situs anda akan mendapatkan peringkat lebih baik dengan menggunakan platform tersebut. Itu hanyalah teori, dan saya berpendapat dengan teori tersebut.


Cara Membuat Website Wordpress

Jadi di sini adalah ikhtisar dari apa yang harus anda lakukan untuk membuat website Wordpress. Yang pertama adalah mendaftarkan nama domain. Ini akan menjadi alamat website anda seperti contoh www.seopractice.org. Anda akan perlu menggunakan registrar domain untuk mencari nama domain yang tersedia untuk situs anda. Anda bisa menggunakan nama merek perusahaan anda jika perlu, atau dapat menggunakan nama domain yang kaya kata kunci, yang biasanya lebih mudah untuk menentukan peringkat di Google untuk satu kata kunci tertentu. Sebagai contoh jika Anda adalah seorang pebisnis property, anda mungkin bisa mendaftar www.pebisnis-property.com, itu pun jika tersedia.

Saya akan memberikan beberapa sumber daya untuk mendaftarkan nama domain di bawah ini, akan tetapi ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum membuat sebuah website. Yang pertama adalah menyiapkan rencana hosting. File website anda harus berada di suatu tempat sehingga website Anda ditampilkan ke pengunjung yang masuk alamat website anda. Ini memerlukan biaya tambahan untuk menyewa web hosting, biasanya anda akan dikenakan biaya antara Rp 20.000- Rp 50.000 perbulan. Ada banyak penyedia layanan web hosting, akan tetapi pastikanlah dari segi kualitas. Ini juga merupakan ide yang baik untuk memilih operator yang menawarkan pendaftaran domain dan hosting sehingga anda tidak memiliki dua account terpisah. Dengan begitu waktu anda tidak terbuang sia-sia dalam proses setup.

Saya sangat merekomendasikan anda hosting berkualitas seperti Hostgator selain hal diatas, karena sudah banyak bukti konkrit bahwa layanan hosting dari Hostgator ini memiliki kualitas serta kecepatan server yang bagus. Setelah Anda mendaftarkan nama domain dan telah memiliki web hosting, yang perlu anda lakukan adalah instalasi CMS Wordpress. Caranya cukup mudah, anda tinggal login ke account hosting anda dan mencari menu instalasi Wordpress. Hanya diperlukan waktu satu atau dua menit untuk menginstal dan anda siap untuk langkah berikutnya.

Setelah Anda berhasil menginstal Wordpress, Anda akan diberikan petunjuk untuk login ke dashboard Wordpress Anda. Setelah login, anda akan melihat penampilan link di sisi kiri. Klik di atasnya dan pergi ke tema dan Anda akan memiliki beberapa ratus pilihan tema gratis untuk untuk memberikan website Anda tampilan dan nuansa yang Anda inginkan.

Mungkin langkahnya cukup di sutu saja, setelah itu anda siap untuk membuat halaman dan menyesuaikan situs web Anda. Saya akan merekomendasikan anda untuk Googling seputar Tutorial Wordpress agar menemukan beberapa sumber daya yang bisa anda terapkan tentang bagaimana untuk membuat halaman dan menyesuaikan isi situs. Sangat sederhana bukan?? Jika anda membutuhkan bantuan, silahkan isi kotak komentar pada artikel ini.