Cara Optimasi yang Baik Agar Blog Anda No 1 di Google

Search engine Google mengalami banyak perubahan setelah diluncurkannya algoritma terbaru “Hummingbird “ atau yang lebih sering disebut dengan Google Angry Bird pada 26 September lalu. Perubahan algoritma ini sangat mempengaruhi hasil serp result dimana banyak sekali situs yang menggunakan cara optimasi negatif (spam) terhempas dari hasil pencarian. Seperti yang kita tau, fungsi dari backlink untuk mendonkrak posisi situs kita di search engine sangatlah vital. Akan tetapi hal ini tak berlaku lagi di era Google Angry Bird ini, dimana fungsi backlink menjadi yang ke dua setalah kualitas konten dari isi situs yang telah kita kelola. Bukan berarti setelah algoritma Angry Bird ini fungsi dari backlink di matikan oleh Google, akan tetapi link dari situs yang relevan dan natural yang memiliki pengaruh besar terhadap posisi blog kita dihasil pencarian. Untuk mendapatkan backlink yang natural silahkan baca artikel saya di “Tips Mendapatkan Backlink Natural”. Jadi intinya tinggalkan cara lama dan beralihlah ke cara baru yang tentunya aman bagi situs anda.

Seperti yang telah saya tuliskan di atas kualitas konten dari situs anda yang di nomor satukan, dimana konten yang berkualitas lebih banyak berbicara dibandingkan dengan konten yang ditulis secara asal-asalan. Maka dari itu membuatlah posting yang berkualitas mulai dari sekatang, karena selain memberikan manfaat kepada orang lain, dari segi SEO ini sangat menguntungkan anda. Untuk membuat konten yang berkualitas anda bisa membacanya pada posting “Cara Membuat Posting Berkualitas”.

Bukan berarti optimasi off page sudah tidak berguna lagi, SEO off page masih diperlukan untuk mendongkrak posisi blog anda di pencarian Google. Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya backlink masih memiliki pengaruh setelah kualitas konten. Jadi yang anda perlukan setelah membuat konten yang unik adalah profil backlink yang natural dan releven yang bisa mendongkrak posisi blog anda di pencarian Google. Mulai dari sekarang lupakan cara brutal untuk mendapatkan backlink dengan menaruh link anda pada shoutbox, kotak komentar dan juga blog dummy yang sama sekali tidak relevan dengan keyword yang anda targetkan pada situs anda. Hal ini berdampak negatif bagi situs anda dimana sekarang ini sudah banyak sekali situs yang terkena hukuman karena link masuk yang tidak wajar oleh Google. Ironisnya sekarang ini masih banyak blogger yang mengejar Page Rank dengan membuat bahkan membeli link untuk meningkatkan situs mereka pada keyword yang mereka incar di pencarian Google dengan menaruh link sebanyak-banyaknya pada komentar situs ber PR Tinggi.

Link Spam

Menurut saya ini adalah tindakan yang membahayakan, terlebih bagi situs yang digunakan untuk tujuan berbisnis. Dan akibatnya setelah beberapa bulan bahkan hari kemudian situs tersebut terkena hukuman dengan di hilangkannya kepercayaan oleh Google terhadap situs-situs tersebut. Biasanya situs yang terkena hukuman ini akan terhempas pada semua keyword yang telah dicapai di hasil pencarian Google. Jika anda mengelami hal ini, sudah bisa di pastikan anda terkena patukan Google Angry Bird. Untuk memastikannya bahwa situs anda terkena hukuman atau tidak, anda bisa memeriksanya di Alat Webmaster anda dengan mengunjungi halaman Lalu Lintas Penelusuran »» Tindakan Manual. Dan apabila yang tampil seperti gambar dibawah ini, 1000% saya yakin blog anda terkena patukan Google Angry Bird.


Unnatural Link
Gambar di Webmaster yang menunjukkan situs yang terkena hukuman karena link yang abnormal "link yang tidak wajar"


Setelah teridakena hukuman seperti ini barulah kita kapok dan sadar bahwa Google sangat membenci cara optimasi yang cenderung spam. Dampak negatif dari hukuman tersebut sangat sulit sekali dihilangkan dan situs anda tidak memiliki reputasi lagi dimata Google. Demikianlah artikel tips saya mengenai cara optimasi SEO pada Algoritma Google Hummingbird ini. Semoga bisa berguna dan membantu anda dalam usaha meningkatkan peringkat Web anda.