5 Tips Mendapatkan Backlink Natural Untuk SEO

Tidak diragukan lagi, satu-satunya jenis backlink yang bisa mempengaruhi peringkat pada mesin pencari secara positif adalah link yang natural serta relevan. Sebelumnya apakah yang di magsud dengan link natural? Sederhana saja, link natural adalah taut link yang mengarah ke situs atau blog anda tanpa campur tangan dari anda. Pada umumnya pelaku SEO (webmaster) akan melakukan kampanye untuk membangun link buliding yang bertujuan untuk meningkatkan peringkat pada situs mereka. Ini bisa di artikan ada unsur kesengajaan untuk menempatkan backlink di berbagai situs yang terkait, seperti dengan posting konten yang relevan, video, komentar, dan sebagainya. Link tersebut bertujuan untuk membantu meningkatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencarian.


Berbeda halnya dengan link yang natural, dimana bisa memberikan dampak yang positif serta kredit tersendiri dimata mesin pencari seperti Google, Bing, atupun Yahoo. Sebagai contohnya simplenya adalah, anda membuat posting yang unik, menarik, sementara itu para pembaca membuat posting serupa yang memberikan tautan yang bersumber dari posting di anda. Ini merupakan metode yang paling ampuh untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari di era perkembangan SEO sekarang ini, karena secara otomatis backlink akan tumbuh secara alami tanpa upaya dan campur tangan dari anda. Namun, link yang natural tidak mudah untuk didapatkan. Untuk mendapatkan link yang natural, anda harus membuat konten yang benar-benar berharga, yang bertujuan untuk mendorong orang lain agar memberikan link ke situs anda. Berikut adalah 5 tips untuk mendapatkan backlink yang natural yang mengarah kesitus anda:

5 Tips Mendapatkan Backlink Natural Untuk SEO

1. Membangun Follower Setia Dalam Situs Anda

Orang-orang yang kemungkinan besar memberikan taut atau (backlink) ke situs anda adalah orang pembaca setia (follower) website anda. Dengan kata lain, mereka adalah penonton setia anda. Oleh karena itu, jika anda ingin mendapatkan banyak backlink secara natural yang mengarah ke situs anda, Maka yang pertama harus anda lakukan adalah menarik para follower untuk mengikuti situs anda. Ada dua metode yang bisa anda lakukan. Pertama adalah membangun sebuah mailing list. Dan yang kedua adalah menggunakan social media seperti Facebok dan Twitter.

2. Konten Yang Unik Untuk Situs Anda

Ingatlah bahwa apa yang bisa menciptakan backlink secara alami adalah konten yang berharga dan unik. Orang tidak akan bersedia untuk membuat baklink ke situs anda jika anda tidak memberikan apa-apa hal yang berharga kepada mereka. Dengan demikian, kualitas konten merupakan senjata utama untuk mendapatkan backlink secara alami untuk situs anda. Maka dari itu usahakan untuk membuat posting yang unik dan menarik ke situs anda. Jika biasanya anda membuat posting dengan 400-kata, maka usahakanlah membuat posting minimal 1500-kata sekali setiap minggu untuk mendapatkan backlink secara natural dari para visitor yang pernah mengunjungi situs anda.

3. Buat Video Yang Menarik Pada Konten

Video merupakan media yang sangat baik untuk mempromosikan situs anda. Kita tahu bahwa YouTube adalah situs berbagi video terbaik dan paling popular pada saat ini. Jika anda posting video menarik di YouTube dan orang-orang menyebarkan video anda, maka akhirnya mereka akan datang ke situs anda untuk mendapatkan informasi lebih dari anda. Yang perlu anda berikan dalam video adalah informasi yang berkualitas bersama dengan presentasi yang menarik dan sederhana namun bisa dipahami yang bretujuan memberikan hiburan kepada orang yang menonton video anda.

4. Berikan Sesuatu Yang Gratis Pada Posting Anda

Pada umumnya orang-orang suka dengan yang gratis-gratis. Anda bisa membuat posting perihal software gratis, game gratis, aplikasi gratis, video gratis, konten gratis, dan jenis-jenis barang gratis yang tersedia di Internet. Semua orang cenderung suka barang gratis, dan mereka lebih memilih untuk memiliki sesuatu yang gratis dari pada mereka harus membayar. Jadi, jika anda memberikan barang gratis di situs anda, maka akan dapat menarik minat audiens dengan cepat. Dan banyak orang akan datang ke situs anda untuk mendapatkan barang gratis tersebut. Jadi, jika anda memberikan barang gratis pada posting anda, maka akan secara otomatis menarik minat mereka untuk menyukai situs anda, dengan begini peluang untuk mendapatkan backlink gratis yang natural dari para pengunjung sangatlah besar.

5. Membuat Website Anda Lihat Profesional

Website profesional cenderung menarik minat lebih cepat. Jika anda ingin mendapatkan pengunjung yang banyak ke situs anda, yang pertama dilakukan adalah membuat tampilan website anda terlihat profesional. Install tema yang premium dalam situs anda. Ini adalah satu-satunya cara bagi anda untuk mengoptimalkan tampilan website anda. Kemudian, menyesuaikan tema situs sehingga orang akan merasa betah karena tampilan yang unik dan menarik. Sebuah situs yang terlihat profesional, dikombinasikan dengan konten berkualitas tinggi, akan dapat membantu anda untuk mendapatkan taut link berkualitas dari follower atau pengikut anda.


Itulah 5 tips dari saya untuk mendapatkan taut link (backlink) secara alami ke situs anda. Pastikanlah untuk mengikuti tips di atas jika anda ingin meningkatkan posisi situs anda di mesin pencari secara cepat dan efektif.