Cara Membuat Blog Gratis yang Menghasilkan Uang

Cara Membuat Blog Gratis yang Menghasilkan Uang – Membuat blog gratis kian lama makin dimanti karena blog bisa digunakan sebagai sarana untuk menghasilkan uang dengan mudah dan telaten. Salah satu blog yang terkenal di dunia adalah blogger.com yang merupakan anak dari Google. Hal ini dapat Anda buktikan bahwa setiap kali akan membuat blog, maka pengguna diminta untuk melakukan login dengan memasukkan alamat akun email beserta passowrdnya. Akan tetapi, bagi Anda yang masih kebingunan untuk memulai membuat blog, ini ada cara mudahnya kok! Anda cukup mengikuti instruksi yang ada dan segeralah memahaminya, maka setelah itu saya bisa mencari uang dari sana. Bagaimana cara membuat blog gratisan dan menghasilan uang? Yuk simak informasi berikut.


  1. Membuat Email Gmail
Tahap awal dalam pembuatan blog adalah kepemilikan alamat email Gmail. Apakah Anda sudah memilikinya? Apabila belum, Anda sangat bisa memulai membuat alamat email dengan mudah dan cepat. Kepemilikan email Gmail diperlukan karena saat Anda melakukan proses pendaftaran atau melakukan login ke blogger.com dan hanya bisa dari Gmail saja alias tidak bisa dari akun lain. Selain untuk login ke blogger.com, Anda pun bisa melakukan akses ke Youtube dengan sangat mudah dan menonton semua video terbaik di situs tersebut.

Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang dengan mudah, semua dimulai dari email Gmail ini, jadi sekali lagi penting untuk Anda perhatikan. Pastikan Anda membuat email dan kode sandinya yang mudah untuk diingat, sehingga saat melakukan proses login ke email dapat dengan mudah dilakukan.
  1. Masuk ke situs blogger.com
Setelah mendapatkan akun Gmail, maka silahkan ketikkan www.blogger.com di dalam address bar dan tunggu hingga Anda memasuki lamannya. Setelah masuk dalam laman blogger, Anda akan diminta untuk memasukkan akun email yang telah dibuat sebelumnya. Pada kolom pertama isilah dengan akun email dan kolom kedua isilah dengan password yang telah Anda buat bersamaan dengan akun Gmail. Pastikan bahwa password Anda benar, karena besar dan kecil huruf serta kombinasi huruf dan angka yang salah bisa mempengaruhi proses login pada situs blogger.com.
  1. Mulai membuat blog
Setelah Anda melalui proses login dan berhasil, maka Anda akan memasuki laman blogger.com dan segeralah mencari tulisan “Buat Baru” dan klik. Dari situlah Anda akan memulai cara-cara pendaftaran blog gratis. Tenang saja, prosesnya mudah kok, dan bagian yang menyenangkan adalah blog ini gratis dan nantinya juga akan menghasilkan uang!
  1. Masukkan nama serta memilih alamat
Setelah meng-klik “Buat Baru”, Anda akan masuk ke laman baru yang berisi judul, alamat, dan template. Pada kolom judul, pililah semua nama yang berkaitan dengan tema blog yang Anda buat. Sebagai contoh, Anda menginginkan blog dengan pembahasan mengenai traveling maka pilihlah judul yang menarik, seperti Go Travel, Pergi ke Mana Saja, dan sebagainya. Kolom judul ini juga sebaiknya pilih yang mudah agar Google mudah mendeteksi blog Anda.

Selanjutnya, pada kolom alamat Anda akan diminta membuat alamat blog gratis yang belum pernah dipakai oleh orang lain. Alamat blog yang Anda buat akan berakhiran .blogspot.com pada bagian belakangnya, seperti misalnya aaabbbccc.blogspot.com. Bagaimana cara mendeteksi alamat yang digunakan sudah atau belum dipakai orang lain? Blogger.com akan langsung memberikan peringatan berupa tanda seru berwarna kuning apabila alamat blog tersebut sudah tidak tersedia. Namun, bila alamat email tersebut tersedia, maka di samping kolom tersebut akan keluar tanda centang. 

Sementara bagian template pada blog gratis, hampir berfungsi seperti tema pada ponsel. Ada banyak template gratis yang bisa Anda gunakan agar tampilan blog lebih berwarna dan menarik perhatian. Tanpa Anda sadari, warna yang menarik dan mencolok akan lebih mudah diingat sekaligus merupakan cara termudah agar orang lain selalu ingat dengan laman dan tertarik untuk mengunjunginya terus menerus.

Apabila Anda selesai dengan cara-cara tersebut, maka selanjutnya pilih tulisan “Blog Baru” yang menandakan bahwa proses pendaftaran telah selesai.
  1. Mulai membuat blog berisi
  2. Selamat, akhirnya blog Anda telah selesai dibuat! Untuk memulai membuat blog berkualitas dan tidak pernah sepi pengunjung, pastikan bahwa tema yang Anda pilih untuk disampaikan adalah benar adanya. Pertama-tama, klik tombol berwarna oranye yang terdapat ikon pensil di dalamnya. Tidak hanya itu, Anda juga harus tahu fungsi “Laman” “komentar”, dan juga “statistik”. Seperti contohnya, pada bagian “POS”, blog berisi mengenai apa sajakah yang telah Anda tulis, “Komentar” berfungsi agar Anda bisa mengecek apakah ada komentar baru ataukah tidak. Sementara pada bagian “Statistik, Anda bisa melihat jumlah pengunjung yang mendatangi blog Anda.
  3. Mulai posting
Cara menghasilkan uang dari blog gratis selanjutnya adalah mengenai cara memposting artikel yang telah dibuat. Format penulisan artikel pun perlu Anda perhatikan seperti pengaturan jarak antar paragraf agar siapapun dapat nyaman membacanya. Setelah artikel telah siap Anda publish, maka klik “Publikasikan” yang menandakan bahwa pengguna siap membagikan artikel pada pengunjung blog gratis-nya.

Setelah Anda memahami betul tentang bagaimana cara membuat agar blog bisa menghasilkan uang. Tapi yang perlu Anda ingat, untuk menghasilkan uang dari blog, Anda perlu untuk banyak usaha dan kesabaran karena semua pekerjaan memang tidak ada yang instan dan semua membutuhkan proses. Berikut ini adalah contoh tips untuk menghasilkan uang dari blog:
  • Mengikuti lomba
Lomba yang dimaksud di sini bukanlah lomba ala tujuhbelas agustusan, melainkan lomba secara online alias melalui dunia maya. Banyak sekali perusahaan-perusahaan terkemuka yang mengadakan perlombaan menulis blog dengan tema yang telah ditentukan. Nominal uang yang diberikan sebagai hadiah pun sering tak tanggung-tanggung sehingga banyak orang yang memilih jalan ini sebagai cara menghasilkan uang melalui blog gratis.

Namun yang perlu diingat, hampir sebagian besar penyedia lomba meminta persyaratan bahwa blog yang dimiliki oleh pengguna berusia lebih dari 3 atau 6 bulan. Hal ini dimaksudkan agar penyedia lomba mengetahui apakah blog yag dimiliki tidak asal-asalan dibuat hanya karena ada lomba saja.
  • Memaksimalkan SEO
Penggunaan teknik SEO juga bisa dipilih karena SEO memiliki peranan yang cukup penting dalam memaksimalkan blog agar tidak sepi pengunjung. Berkat teknik SEO juga blog Anda bisa muncul pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, bing, dan sebagainya. Ada baiknya Anda pelajari teknik SEO ini karena SEO memiliki peranan penting untuk mempromosikan blog yang telah dibuat. Apalabila Anda sudah ahli dalam optimasi SEO, membuka jasa teknik SEO pun bisa menjadi tawaran yang menggoda, lho!

Itulah cara-cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang melalui blog yang Anda buat. Kunci utama dalam pembuatan blog agar bisa ramai pengunjung adalah kesabaran dan ketelatenan. Tidak ada kesuksesan yang diraih dengan cara instan karena semua butuh usaha keras dan ada pengrobanan waktu di dalamnya. Semoga tips-tips tersebut bisa membawa manfaat untuk Anda. Selamat mencoba!